Jumat, 20 Maret 2009

majalah Tempo tahun 70an


Ini majalah Tempo tahun 70an. perhatikan disainnya yang masih jadul, termasuk masih menggunakan ilustrasi. Majalah tahun 1974-1976. ini sangat bersejarah karena topik utamanya mengenai keadaan politik yang sedang in saat itu.

Salah satu kisahnya adalah mengenai DR Ibnu Sutowo,(direktur ayah Ponco Sutowo, pemilik Hotel Sultan (dulu Hilton) isinya mengenai Perusaan negara Pertamina, yang sejak dahulu selalu bermasalah. Perusahaan negara yang sebenarnya bisa memberi untung Republik ini, namun ternyata bocor terus kesana kemari.

Edisi lainnya tentang laporan dari portugal, tentang kudeta militer di Portugal, yang merubah perjalanan Timor timor yang tahun 1974 masih dibawah pemerintahan portugal, yang akhirnya membuat kisruh Dili, karena penguasa portugal tak perduli lagi. dan menyebabkan perang saudara di Timor timur, yang menyebabkan Indonesia turun tangan menganesasi Timor timor, untuk kemudian 23 tahun lepas menjadi negara merdeka.
Edisi lainya tentang perang Timur Tengah, dan Anwar Sadat Presiden Mesir, menjadi sampul Utamanya

Meskipun jauh lebih tipis, Dari Majalah Tempo jaman kini. majalah ini tetap sesuai dengan slogannnya, " Enak dibaca dan perlu" ya tentu saja karena Majalah yang digawangi, Gunawan Muhammad, Fikri Jufri, dan wartawan senior ini adalah majalah Idealis, berani, dan lugas. majalah yang saya cintai dan jadi referensi saya terus sampai saat ini



Posted by Picasa

Tidak ada komentar: