Senin, 23 September 2013

patung ukiran Antik Tana toraja

 Belum lama ini, tepatnya tanggal 13 September sampai 17 Desember 2013, saya berkesempatan melakukan perjalanan ke tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Perjalanan ke dataran tinggi Toraja dengan jalan darat dari kota Makassar dapat di tempuh dengan santai selama 8-9 jam. Karena jalan yang ditempuh punya pemandangan indah (seperti deretan penggunungan dan gua-gua indah, serta pantai Pare-pare yang aduhai) perjalanan bisa molor sampai 10 jam. biasa mampir dulu di pasar-pasar kota-kota kecil seperti Pare-pare, Barru, untuk cari mainan antik.
 Perjalanan ke Toraja adalah terus mendaki dan mendaki dari kota pare-pare. melewati kota Sidrap,Enrekang dan sampailah ke Toraja. Agak puyeng dan mual juga bagi orang yang tak biasa pergi jauh pakai mobil. Saran saya berangkatlah pagi-pagi sekali dari Makassar agar dapat melihat pemandangan indah. Jangan seperti saya jalan malam-malam sehingga yang terlihat cuma hitam gelap saja.

Toraja adalah alam yang indah, masyarakatnya yang ramah dan penuh kreatifitas serta rajin bekerja. Sawah2 hijau royo-royo. di kiri kanan jalan banyak rumah adat dan lumbung yang diukir dan dihias sangat indah

 Tangan warga Toraja memang trampil. benda-benda kerajinan banyak dibuat dan dijual. salah satunya adalah patung2 tradisional yang biasanya diletakkan di depan kubur batu atau gua. patung2 tersebut biasanya dibuat seniman handal berdasarkan pesanan keluarga. biasanya patung tersebut mempunyai wajah semirip orang yang telah meninggal.

 patung berbentuk manusia tersebut dibuat sangat halus, rapi dan detail. Karena merupakan karya seni tinggi. patung2 kuno tersebut sering dicuri orang, dijual pada para kolektor antik di dalam dan di luar negeri. dengan harga ratusan juta rupiah. Itulah sebabnya kini patung tersebut kini diberi pagar dan digembok.  Tapi jangan kuatir kalau anda tertarik dengan patung2 tradisionil Tana Toraja. anda dapat membeli sovenirnya. Patung2 ini dapat dibeli sepasang 350 ribu rupiah. tinggi patung sekitar 30 cm. ada tertarik dan berminat membeli??




Tidak ada komentar: