Minggu, 16 Juni 2013

Batik Nitik Batik bersejarah yang nyaris punah

 Batik dengan motif nitik menurut sejarahnya, telah ada sejak awal kerajaan Mataram. jadi hampir 300 tahun yang lalu. Dari Kerajaan Mataram (yogyakarta), batik Nitik berkembang ke beberapa daerah seperti Pekalongan..

Batik ini berbeda dengan batik lain pada umumnya dibuat menggunakan motif yang tidak menampilkan mahluk hidup, seperti satwa dan manusia. (karena ajara Islam tidak memperbolehkan menampilkan motif2 mahluk hidup. dan kerajaan Mataram pada waktu itu adalah kerajaan Islam yang mempertahankan nilai2 Islam.

Batik Nitik punya disain unik dan cara pembuatan yang unik pula.
selama 1 Minggu menyusuri dan membuat film tentang batik Nitik. terlihat bahwa batik ini memang luar biasa. Pembuatan yang rumit dan lama (untuk batik tulisnya) membuat batik ini istimewa.

saya memang bukan pakar batik. hanya film Maker yang mebuat film dokumenter batik Nitik. Sebagai oleh-oleh. nih saya belikan 2 buah batik Nitik buat anda. yang sekedar membantu para pengrajin agar bisa terus berkarya. (batik Nitik memang agak sulit memasarkan, karena kalah disain dengan motif batik kontemporer dan modern. Tapi dibalik ke kunoan.. justru tersimpan makna filosofi yang tinggi. ada minat membeli??




Tidak ada komentar: