Jumat, 01 Maret 2013

komik mandarin era 50-60an

masa sebelum terjadi goro-goro G30S PKI, komik-komik berbahasa China banyak bertebaran di Indonesia. Sekolah juga masih mengajarkan bahasa China. Ada majalah China, nama China sampai merek-merek dan nama toko menggunakan bahasa China. Waktu itu pemerintahan RI memang dekan dengan Republik Rakyat Tjina. Soekarno berteman dekat dengan Mao Tse Tung juga pemimpin2 China yang lain..

Setelah G30S PKI, dengan rejim Orde baru yang lebih dekat dengan dunia barat yang kapitalis, musuhnya Komunisme. barang-barang bertuliskan aksara China dilarang dan harus diganti. Nama China diganti bahasa Indonesia. merek toko dirubah. termasuk sastra dan komik China yang harus disensor dan dilarang peredarannya.

banyak buku2 berbahasa China yang dibakar (dari pada merepotkan pemiliknya) nah ini saya satu dari komi-komik China yang tersisa, sangat bersejarah.. mungkin dulu yang nyimpan juga deg deg kan, takut dituduh Subversib. nah sekarang di era keterbukaan. kita bebas mengkoleksi dan menyimpan buku ini.. anda berminat koleksi?? dijual untuk anda.. 


Tidak ada komentar: